• Semasa

    Guru Sekolah Indonesia di Malaysia Dilatih Peningkatan Kompetensi

    WolipopDetik.Xyz, Kuala Lumpur: Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur mengadakan Pelatihan Peningkatan Kompentensi Guru Sekolah Indonesia se - Malaysia.  Duta Besar RI untuk Malaysia Herman Prayitno, membuka pelatihan yang berlangsung pada Kamis 21 Juli di Kuala Lumpur, Malaysia. Pelatihan ini menghadirkan nara sumber yang mumpuni dalam bidang pendidikan. Mereka antara lain, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Ari Purbayanto, Direktur SEAMEO Qitep in Science Bandung Prof. Triyanta, Kepala Pusat Kurikulum, Balitbang Kemdikbud Tjipto Sumadi, Direktur Pembinaan PKLK, Dikdamen, Kemdikbud Sri Renani, Direktur SEAMOLEC Jakarta Abi Sujak, Kasubbag Amerop BPKLN Setjen Kemdikbud Yaya Sutarya. Acara pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini adalah upaya serius KBRI KL melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk melakukan penyegaran dan peningkatan kapasitas dan kompetensi guru - guru di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), dan Rintisan Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB). Materi yang disampaikan pada pelatihan kali ini antara lain adalah kebijakan pendidikan di KBRI Kuala Lumpur, Brain Storming Pembelajaran di Sekolah Indonesia Luar Negeri (Malaysia), Pembahasan Kurikulum 2013, Pembelajaran dengan penerapan E - Learning, Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific. "Dengan kegiatan ini guru - guru akan mendapatkan informasi dan teknik pembelajaran terkini sehingga diharapkan mutu pembelajaran di Sekolah Indonesia se - Malaysia akan senantiasa terus meningkat," pernyataan KBRI Kuala Lumpur, dalam keterangan tertulis yang diterima WolipopDetik.Xyz, Sabtu (23/7/2016). Sekolah Indonesia di Malaysia telah terakreditasi Nilai A (Excellent) oleh Badan Akreditasi nasional Sekolah. Lulusan siswa SMA Sekolah Indonesia Kuala Lumpur telah banyak diterima di perguruan tinggi negeri Indonesia antara lain Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Pertanian Bogor. Lulusan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur juga banyak diterima di perguruan tinggi terbaik Malaysia, Universitas Malaya (UM).  Kegiatan pelatihan ini adalah pelatihan kedua, pelatihan pertama telah dilaksanakan pada tahun 2015. Berdasarkan Ujian Kompetensi Guru (UKG) pada tahun 2015, nilai capaian tergolong baik dengan lebih dari 74 persen guru - gurunya meraih nilai 55 ke atas yang merupakan diatas nilai minimum yang ditetapkan pemerintah. Diharapkan guru - guru yang belum meraih nilai diatas nilai minimum bisa mendapatkan nilai lebih baik lagi di masa mendatang.

    Dubes RI untuk Malaysia Herman Prayitno (Foto: Dok. KBRI Kuala Lumpur)

     
    Duta Besar Herman Prayitno berharap agar para bapak dan ibu guru dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh di kelasnya masing - masing, dan terus belajar serta mengembangkan ide - ide kreatif pembelajaran yang menyenangkan.
     
    Duta Besar mengingatkan kembali akan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan agar dapat mewujudkan Sekolah Indonesia se - Malaysia sebagai taman belajar yang menyenangkan.

    Guru Sekolah Indonesia di Malaysia Dilatih Peningkatan Kompetensi
    Guru Sekolah Indonesia di Malaysia Dilatih Peningkatan Kompetensi (Video Source : metrotvnews.com)




    Sumber : http://internasional.metrotvnews.com/read/2016/07/23/559207/guru-sekolah-indonesia-di-malaysia-dilatih-peningkatan-kompetensi

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad